11 Oktober 2009

Etika Penulisan Media Masa

Contoh mencantumkan data :
Dari data yang dikeluarkan oleh lembaga Survey Indonesia (2008), menjukan bahwa tingakat golput dalam pilkada mencapai angka rata-rata 27, 9 %. (diambil dari KR :Analisis, 24 Januari 2009)

Pada Mei 1998. Hasil investigasi melaporkan ratusan wanita keturunan china telah engalami tindakan kekkerasan si Jakarta. (diambil dari KR: Opini Merayakan Imlek dt Tanah Jawa, 24 Januari 2009)

Contoh Penulisan kutipan dari buku atau ilmuan :
Jhon Nasibitt dalam Megatrends Asia (1997) mencatat bahwa meski warga keturunan china hanya 4% dari penduduk Indonesia, mereka mampu mengendalikan 70 % perekonomian Indonesia. (Diambil dari KR: Opini Merayakan Imlek dt Tanah Jawa, 24 Januari 2009)

Menurut Denys Lombard dalam bukunya “Nusa Jawa : Silang Budaya, Jaringan Asia” (2000), sebenarnya telah terjadi keharmonisan dan proses saling tukar budaya anatara etnis tionghoa dengan masyarakat Jawa. Menurutnya, penjajah Belandanya yawng merudak keharmonisan itu, yaitu dengan memposisikan komuniitas China di Indonesia sebagai sebuah kelas social tersendiri diatas orang-orang pribumi.

Antropolog Prof. Gondomono Ph. D mengatakan bahwa kehadiran etnis China diNusantara ini telah turut memberi warna pelingi budaya Indonesia.

Mind-set seperti itu dan sumberdaya-sumberdaya social-ekonomi dan politik yang dimilkinya, Negara berhasil mendudukan politik islam secara politik, idiologi, politik dan intelektual. Singkatnya, politik islam saat itu benar-benar terpinggirkan dalam segala aspek, lebih-lebih masalah politik. (Bahtiar Effendy, 2001). Contoh kutipan ini, kutipan yang diambil dari buku tanpa menyebutkan nama bukunya, juga bisa disebutkan nama bukunya (diambil dari opini hatim gazali bernas jogja, 8 juli 2003)

Watak masyarakat Samin sebagaiman masyarakat JAwa yakni–jujur, mawas diri, ikhlas, eling, satrio, sebagai watak masyarakat Jawa yang sesunggunya (Endraswara,2003:87). (diambil dari buku Samin Kudus : Bersahaja ditengah askitesme Lokal, hal.134, karangan Moh. Rosyid, M. Pd)
Dalam pandangan AN Burhani (2001), hal tersebut dilatarbelakangi beberapa hal. Pertama, telah terjadi adanya pendewaan agama.



Contoh Penulisan kata-kata ilmiah



Contoh kekayaan Kata
Diakui, mahasiswa saat ini masih terus menurun.
social-ekonomi
kampanye dan (ironi) masyarakat sering juga tidak ingat lagi.
Problematis yang sering ter(di)lupakan
Apa yang diungkapkan oleh Sutrisno (secara yuridis) adalah lembaga pendidikan secara…
Penilian yang sebenarny adalah (batin) diri atas dirinya (the self for self) dalam kurungnya sebagai penjelas
Warga india yang berkastakan dalit (kasta rendah) di india, menekuni profesinya sebagai pekerja sinitasi (pembersi WC umum) dengan upa………..dalam kurungnya sebagai penjelas
Untuk tinggal (secara menetap) maupun untuk memenuhi kebutuhan.
Maklum saja senator asal Illinois ini memiliki prestasi tinggi, intelektual yang maju serta pandai dalam dan memukau dalam berkampanye.
Hak Kekayaan Intelektual (HKI)
Gerakan mahasiswa menegakkan kepentingan demokrasi dan kesejahteraan rakyat mendapatkan tempat di era Soekarno
BERALIHNYA tampuk kepemimpinan ke tangan Soeharto, secara tak langsung Indonesia jatuh ke tangan imperalis. Harta kekayaan alam Indonesia di kuasai oleh negara-negara pemilik modal. Rezim Soeharto - sebut penulis - berkolaborasi dengan kapitalis internasional seperti yang terjadi pada tahun 1967 yaitu dengan General Motors, Imperal Chemikal Industries,
di tengah impitan imperalisme global
Bila kita menengok secara kritis sejarah perjalanan bangsa ini
Menusuk janutung peradaban
sehingga perjalanan bangsa terseok-seok
Jegal-menjegal
dengan saudara yang lain, Islam, Hindu, Buddha, Konghucu, dan lainnya
Dalam pandangan AN Burhani (2001), hal tersebut dilatarbelakangi beberapa hal. Pertama, telah terjadi adanya pendewaan agama.
Kalau kita menelaah dengan teologi transformatifnya Moeslim Abdurrahman
Dalam konteks ini, semua umat beragama, apakah Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan lainnya, khususnya di Indonesia, harus memikirkan kembali peran agama yang telah tereduksi dewasa ini.
pemahaman yang utuh
preseden buruk


Contoh Penulisan Resensi
Ini dikarenakan saat itu sedang terjadi perang besar antara Blok Barat yang diwakili Amerika Serikat dan Blok Timur yang diwakili Uni Soviet. Politik bebas aktif pertama kali dikemukakan oleh Muhammad Hatta dalam keterangannya di depan Badan Pekerja K.N.I.P pada 2 September 1948. Menurut Hatta, “bebas” artinya menentukan jalan sendiri, tidak terpengaruh oleh pihak manapun juga. Sedang “aktif” artinya menuju perdamaian dunia dan bersahabat dengan segala bangsa. Dengan strategi politik yang bebas aktif itu Indonesia tidak terikat dan tidak mengikatkan dirinya pada pusaran dua blok yang saling bertikai saat itu. Dengan demikian Indonesia lebih memilih bersikap independen (hal 6). (kutip dar buku berada ditengan tlisan)

Buku Politik Luar Negri Indonesia di Tengah Pusaran Politik Domestik karya Ganewati Wuryandari, dkk ini berusaha menjelaskan gejolak politik luar negri Indonesia itu mulai dari masa kemerdekaan (Orde Lama), Orde Baru, dan masa reformasi.(Menjelaskan kedatangan buku ini)

Buku ini sangat menarik untuk dibaca. Terlebih bagi para akademisi yang bergelut di jurusan Hubungan Internasional maupun politik. Meski tidak menutup kemungkinan buku ini dikonsumsi banyak orang. Selamat membaca! (Menimbang buku, biasanya diletakan diakhr tulisan)

Bagi Arwan, Sultan merupakan sosok kharismatis yang menyedot perhatian publik. Sultan- lanjut penulis- bukan saja raja keraton Ngayogyakarta.yang memiliki integritas kuat dalam menjaga tradisi, akan tetapi ia juga

Kehadiran buku Bergerak Bersama Rakyat, sejarah gerakan mahasiswa dan perubahan sosial di Indonesia adalah beberapa catatan kritis mengenai kiprah gerakan mahasiswa bersama rakyat dalam mengawal perubahan sosial. Bagi penulis mahasiswa bukan hanya memiliki tanggung jawab sebagai agen perubahan tetapi juga memiliki tanggung jawab sebagai agen moral

Catatan :
1. Hindari pendapat sendiri
2. kalimat tidak bertele-tele
3. ngutip jangan terlalau banyak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar